Recent Posts

Pengertian dan Cara-Cara Mencapai Moksa dalam Agama Hindu

12/11/2020
Pengertian dan Cara-Cara Mencapai Moksa dalam Agama Hindu
 
Sanatana Info - Lalu, bagaimana agar manusia mendapatkan tujuan akhir tersebut ? Nah, untuk dapat mencapai Moksa secara berangsur-angsur, manusia harus menjalankan sembahyang, memusatkan cipta (dhyana) dan mengheningkan cipta (samadi).

Pengertian Moksa. 

 
Kelahiran menjadi manusia di dunia adalah kesempatan untuk dapat memperbaiki perbuatan, serta satu langkah untuk dapat menuju Moksa. 

Moksa menjadi tujuan akhir bagi umat yang beragama Hindu. Lalu apa itu Moksa ? Moksa berasal dari kata Muc (bahasa sansekerta) yang berarti membebaskan, mengeluarkan atau melepaskan. 

Akar kata Muc inilah kemudian menjadi Mukta/Moksa yang berarti kelepasan atau kebebasan, dalam istilah lain disebut juga Nisreyata, Kadiyatmikan.

Maksud kebebasan dalam pengertian yang terkandung pada istilah Moksa sebagai tujuan terakhir dan tertinggi menurut ajaran kerohanian Hindu. 

Moksa yang dimaksud adalah terlepasnya atma dari pengaruh maya, serta bebas pula dari ikatan subha-asubha karma, dan samsara/punarbawa. 

Dimana atma dapat bertemu kembali dengan sangkan parannya yaitu Ida Sang Hyang Widhi Wasa, dan mencapai kebenaran tertinggi.

Serta mengalami ketenangan, ketentraman, dan kebahagian yang kekal abadi yang disebut Sat Cit Ananda. Berikut ini dalam kitab suci Veda disebutkan Moksa sebagai tujuan akhir umat manusia, yaitu :
Moksartham Jagadhita Ya Ca Iti Dharmah
artinya : Tujuan agama ialah untuk mendapatkan moksa dan jagadhita

Cara Mencapai Moksa.  

Lalu, bagaimana agar manusia mendapatkan tujuan akhir tersebut ? Nah, untuk dapat mencapai Moksa secara berangsur-angsur, manusia harus menjalankan sembahyang, memusatkan cipta (dhyana) dan mengheningkan cipta (samadi).

Dengan cara inilah manusia dapat membebaskan dirinya dari ikatan duniawi, dan mencapai tujuan tertinggi yaitu bersatunya atma dengan Brahman (Tuhan).

(Bhagavad Gita Bab VII. 19)

Bahunam janmanam ante jnanavan mam prapadyate, vasudevah sarvam iti sa mahatma sudurlabhah

 

artinya : Pada akhirnya dari banyak kelahiran orang yang bijaksana menuju kepada Aku, karena mengetahui bahwa Tuhan adalah semuanya yang ada.

 
Disinilah manusia harus dapat menyadari bahwa perjalanan hidupnya pada hakikatnya adalah perjalanan mencari sumbernya yaitu Ida Sang Hyang Widhi Wasa, lalau bersatunya atman dengan Brahman.

Perjalanan ini adalah perjalanan yang penuh rintangan, bagaikan mengarungi samudera yang bergelombang. Tujuannya agar manusia terhindar dari gelombang kehidupan yang menyesatkan, ajaran Agama memberikan perahu untuk menyebarangi yaitu dengan ajaran Dharma (kebaikan). 

Dharma menjadi jalan untuk dapat melepaskan manusia dari hempasan gelombang kehidupan, seperti yang tertulis pada kitab Sarasamuccaya yaitu :

Ikang dharma ngaranya, henu ning mara ring swarga ika, kadi gati ning prahu, an henu ning banyaga nentas ing tasik.

 

artinya : Yang disebut dharma merupakan jalan untuk pergi ke sorga, sebagai mana halnya sebuah perahu, sesungguhnya adalah sebagai alat bagi orang dagang untuk mengarungi lautan.


Oleh karena itu, bersatunya atma dengan sumbernya yaitu Brahman (Ida Sang Hyang Widhi Wasa), maka berakhirlah lingkaran kelahiran kembali atau punarbawa/samsara, bagi Sang Hyang Atma menuju kepada kedamaian yang abadi, 'Suka tan pawali duka'.

Nah, itulah sekilas pengertian moksa dan cara-cara mencapainya sebagai manusia yang mendapatkan kesempatan satu langkah untuk mencapai Moksa.
 
Sumber Foto : Dok Sanatana Info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar