Recent Posts

Pengertian Orang-Orang Suci Menurut Agama Hindu Beserta Contohnya

12/13/2020

 Pengertian Orang-Orang Suci Menurut Agama Hindu Beserta Contohnya

Sanatana Info - Orang suci dalam pengertian Agama Hindu adalah seseorang (Bhagavan/Rsi) yang atas usahanya melakukan tapa brata, yoga, samadhi, serta memiliki kesucian. 

 

Berikut beberapa contoh orang suci yang ada dalam Agama Hindu. Yuk baca !


Pengertian Orang-Orang Suci Menurut Agama Hindu

 

Memang dalam ajaran Hindu seseorang sudah pasti akan melakukan pembersihan atau penyucian pada dirinya. Namun, berbeda jika kita artikan orang-orang suci dalam pandangan ajaran Agama Hindu. Tidak semua orang yang melakukan penyucian diri disebut orang suci. Lalu, dimana letak pembedannya ?


Orang suci dalam pengertian Agama Hindu adalah seseorang (Bhagavan/Rsi) yang atas usahanya melakukan tapa brata, yoga, samadhi, serta memiliki kesucian.


Orang suci dalam Agama Hindu juga, Ia yang dapat menghubungkan dirinya dengan Tuhan, serta dapat mengetahui segala sesuatu yang terjadi, baik dimasa lampau, sekarang, maupun masa yang akan datang.
 

Umat Hindu juga mengenal atau memiliki orang-orang suci yang disebut Dang Acarya/Sulinggih. Sulinggih diartikan seseorang yang atas usahanya melakukan tapa, brata, yoga, samadhi, memiliki kesucian dan dapat menghubungkan diri dengan Tuhan. 


Namun, seorang Sulinggih dipandang masih belum dapat melepaskan diri dari ikatan duniawi/keduniawian, sehingga seorang Sulinggih harus melakukan upacara penyucian diri, serta secara terus menerus mengajar dan memimpin pelaksanaan upakara keagamaan sehari-hari (Lokapalasraya).

 

Wahyu Tuhan Turun Kepada Orang Suci

 

Tuhan menurunkan wahyunya melalui orang-orang suci yang sudah dipilih sesuai dengan kemampuan dharma yang sudah ada pada seseorang tersebut. 


Dimana wahyu yang diberikan adalah sebagai pedoman untuk masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya, serta berguna untuk mensejahterakan pemeluknya.


Tidak hanya untuk kesejahteraan saja, wahyu yang diberikan adalah sebagai upaya untuk menciptakan kedamaian, kebahagiaan lahir dan batin kepada umat manusia.


Misalnya, Tuhan memberikan wahyu-Nya kepada Para Maha Rsi. Maha Rsi inilah yang menjadi utusan Tuhan di dunia.


Maha Rsi sebagai penerima wahyu Tuhan, yang mana ditugaskan untuk dapat menyebarluaskan ajaran wahyu dari Tuhan tersebut kepada seluruh umat manusia. 


Lalu, apa sih Rsi ? Kata Rsi berasal dari bahasa Sansekerta dari akar kata drs yang berani melihat, mengetahui, memandang. 


Rsi adalah orang yang atas usahanya melakukan tapa, brata, yoga, samadhi, serta memiliki kesucian dan kesadaran yang tinggi dan dapat mengetahui segala sesuatu baik dimasa lampau, sekarang, dan masa mendatang.


Berikut ini beberapa Para Rsi dalam Agama Hindu, yaitu :
1. Rsi Vyasa
2. Rsi Grtsamada
3. Rsi Visvamitra
4. Rsi Vamadeva
5. Rsi Atri
6. Rsi Bharadvaja
7. Rsi Kanva
8. Rsi Vasistha
9. Rsi Agastya
10. Rsi Manu
dan lainnya.

 

Sumber Foto : https://kurio.id/app/articles/18835724

Tidak ada komentar:

Posting Komentar